Apakah pakan pada burung anda sudah memenuhi standar kesehatan?

Apakah pakan pada burung anda sudah memenuhi standar kesehatan?

Banyak orang beranggapan bahwa untuk memelihara burung cukup dengan pemberian voer saja, namun coba perhatikan apakah kandungan pada voer yang saudara gunakan sudah memenuhi standar kesehatan untuk pakan burung?

Untuk konsumsi burung, pakan tidak harus banyak, voer dalam tempat makan (cepuk) tidak harus penuh, namun perlu diperhatikan harus memenuhi standar kesehatan agar perkembangan tubuh burung dapat sempurna. Pakan yang memenuhi standar kesehatan adalah pakan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat kasar. Berikut ini adalah uraian mengenai jenis zat-zat tersebut di atas:

1.       Protein

Protein berfungsi untuk pembentukan sel-sel jaringan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit ataupun burung sudah tua, sebagai sumber tenaga bagi burung yang rajin berkicau, untuk pemanas badan, sebagai bahan pembentuk telur, daging serta bulu.

Saat-saat burung membutuhkan kandungan protein yang banyak (minimal 38% kandungan proteinnya) adalah saat burung burung akan bertelur, burung umur 1 (satu) hari sampai dengan 6 (enam) bulan dan burung yang sedang ganti bulu (mabung). Banyak para kicaumania yang keliru dalam merawat burung yang sedang mabung hanya diberikan voer saja, padahal pada saat burung mabung metabolisme burung sedang meningkat sekitar 40%.

Apabila kekurangan protein burung akan lesu, malas berkicau, susah makan, murung, kurus, bulu tumbuh tidak sempurna,dan suka mematuk-matuk sangkar dan sesamanya.

Sumber protein yaitu dari hewani dan nabati. Dari hewani yaitu : kroto, susu, telur, ikan, tepung hati, daging, dan semua hewan yang dapat dimakan oleh burung. Sumber nabati yaituTauge, jagung, sawi, kacang-kacangan, bungkil kelapa, kacang hijau, dedak padi.

2.       Karbohidrat

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi, pertumbuhan badan, cadangan lemak dalam tubuh. Kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi dalam pemberin pakan yang cukup, karena 70% dari pakan mengandung karbohidrat. Permebian karbohidrat yang banyak dapat diberikan pada musin penghujan, namun perlu diwaspadai juga pemberian pakan hanya terdiri karbohidrat saja, karena akan menjadikan burung gemuk dan malas berkicau.

3.       Lemak

Lemak berguna sebagai sumber tenaga dan panas tubuh. Kandungan lemak yang berlebuhan pada pakan burung akan menyebabkan burung gemuk, mencret, kotoran berwarna keputih-putihan dengan bau menyengat. Jika sudah ada tanda-tanda tersebut, segera kurangi pemberian pakan yang mengandung lemak tinggi (8%) karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem kerja jantung yang menyebabkan burung mati mendadak.

4.       Mineral

Mineral sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan bulu pada burung, meskipun zat ini yang dibutuhkan burung hanya sedikit tetapi jika kekurangan zat ini akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh, pertumbuhan terhambat, nafsu makan berkurang, bulu menjadi kusam dan suka mematuk-matuk bulu sendiri. Mineal yang dibutuhkan pada burung adalah Ca, P, Na, Cl, Mg, Fe, Co, dan Cu, unsur-unsur ini bisa didapat dari tepung ikan, kapur, tepung tulang dan kacang-kacangan.

5.       Vitamin

Vitamin dibutuhkan burung dalam jumlah yang sedikit, walaupun sedikit vitamin sangat mutlak harus terkandung dalam pakan burung dalam rangka mempertahankan kesehatan burung, pertumbuhan dan reproduksi. Fungsi utama vitamin adalah merawat jaringan-jaringan tubuh. Adapun beberapa vitamin yang dibutuhkan burung adalah vitamin A, B, D dan E. Vitamin dapat diberikan pada makanan ataupun minuman burung dengan membeli produk-produk vitamin khusus burung.

Vitamin A berperan menjaga menjaga kesehatan jaringan-jaringan tubuh seperti panc a indera, alat pencernaan, tenggorokan, alat kelamin, dan usus.

Vitamin B berperan memacu pertumbuhan burung anakan dan muda hutan, merangsang nafsu makan, dan menjaga kesehatan sistem syaraf.

Vitamin D berperan mengatur keseimbangan kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk menjaga pada masa subur dan berproduksi.

Vitamin E berperan dalam fetilisasi, kesuburan, dan metabolime makanan dalam tubuh.

6.       Serat kasar

Serat kasar berguna sebagai perangsang fungsi sistem pencernaan makanan, serat kasar ini terkandung dari pakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, kandungan maksimal dari serat kasar yaitu 2%, bila berlebih akan mengurangi daya serap tubuh terhadap sari makanan dan apabila kekurangan akan mengganggu pencernaan.

yoyo2007 (disarikan dari berbagai sumber)

Iklan

2 responses to “Apakah pakan pada burung anda sudah memenuhi standar kesehatan?

  1. OM. aku punya burung murai batu, tapi belum berbunyi, makanan nya pur, jangkrik 3kali seming, kroto 3 kali semingu. cacing 2 ekor 2 kali semingu. burung nya udah 2 bulan tapi belum berbunyi atau berkicau se kalipun, ada orang yang gasi saran ke aku, arang itu nyuruh gasikan vitan B comlet tapiaku bingung cara gasinya?.
    1. kalau B complet berbentuk kapsul atau bili, apakah kapsul atau biji itu di belah di jadikan dua bagian atau di kasikan 1 secarah utuh pada burung burung murai batu.
    2. apakan saran ini benaran, karena aku takut om, nati murai batu ku jadi mati gara gara aku kasi obat vitamin B comlet.
    MOHAN SARANYA YA OM……………………………..

    • B complek mau dikasih banyak atau sedikit tidak masalah, karena vitamin B complek larut dalam air, jadi kalau kebanyakan akan terbuang melalui feses. pemberian vitamin B complek dilakukan apabila burung tidak mau makan, kalau burung mau makan sebenarnya tidak perlu diberikan B complek. saran saya, yang sabar, burung bahan memang lama untuk berkicau, pemberian kroto + jangkkrik bisa setiap hari jangan lupa mandi jemur, syukur-syukur mandinya pakai karamba. cacing tidak perlu, biasanya pemberian cacing dilakukan kalau burung over birahi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s